some people say this color does not suit me ...
but I find this color beautiful, I love this color..
it balances my world :)

Friday, November 2, 2007

Ga bisa nanya yang laen?


Gara2 tulisannya Duy tentang pertanyaan2 mengesalkan, gw jadi pengen cerita juga. Standar deh, people always find new questions. Especially people in my country. Yah.. pasti pada tau sendiri deh. Waktu lo masih sekolah, ditanya kapan lulus. Waktu lo udah lulus sekolah, ditanya udah dapet kerja apa belum. Pas udah dapet kerja, ditanya kapan nikah. Naahhh.. pas udah nikah, kayak gw sekarang gini, pertanyaannya, "Udah hamil belum?" Untuk kasus gw sekarang, tentu aja jawabannya belum. Tapi yah, apapun jawaban gw untuk pertanyaan2 lanjutan mereka, mereka teuteup nanya!! Lebih parah lagi, memberi SARAN atau PIDATO panjang lebar tentang bagusnya memiliki anak. Terus, yang nanya2 atau even ngasih pidato itu bukan ortu gw, bukan ortu suami gw, ato sodara2 deket.

Eh ya bo, klo emang punya anak itu semudah beli coklat, siapa sih yang ga mo?? Kan enak klo cuma kayak beli coklat doang? Klo coklatnya enak, langsung abis kita makan. Klo udah kenyang tapi coklatnya masih ada, tinggal disimpen. Klo ga suka, tinggal buang. Punya anak kan ga gitu yaahhh??? Sekali gw mutusin punya anak, artinya gw siap ngebesarin, ngurus, en ngedidik dengan penuh kasih sayang. Bener kan? Ga bisa lah tiba2 gw bosen sama anak gw en memutuskan untuk kembali ga punya anak. Iya kan?

Sekarang, fakta tentang kehidupan gw di sini. Gw masih sekolah (yah setengah kerja juga deh). Setiap hari gw harus ke kantor dari jam 9 sampe jam 5, Senin sampe Jumat. Suami gw, ya tentu aja kerja yang sama aja jam kerjanya. Pertanyaannya, siapa yang urus anak gw klo gw hamil sekarang?? Di sini kan ga ada keluarga, baby sitter, ato pembantu. Ada sih day care. TAPI butuh uang sebulan gaji gw untuk bayarnya. Ya ga visible deh jadinya untuk saat ini.

Ngeliat masalah siap atau nggak punya anak secara materi itu paling gampang klo menurut gw. Tapi kenapa juga yah pada ga mo ngerti. Semuanya cuma bilang, "Enak loh punya anak." Emang pertimbangan mo punya anak cuma berdasarkan enak apa nggak aja?

Selaen itu, tentu aja ada masalah siap ato nggak secara mental. Nah faktor yang ini sih bener2 tergantung orangnya. Gw banyak ngeliat temen2 udah siap punya anak dan ya mereka punya anak sekarang. Yah gw seneng buat mereka. Anugrah gitu loh dari Tuhan. Cuma.. ga salah kan klo gw dan suami belum siap secara mental buat punya anak?

Gw cerita ini bukan berarti nolak rencana atau pemberian Tuhan. Cuma berusaha bikin rencana yang bagus aja buat keluarga baru kami. Kita cuma pengen yang terbaek untuk anak2 kita nanti kok :)

No comments:

Post a Comment