some people say this color does not suit me ...
but I find this color beautiful, I love this color..
it balances my world :)

Thursday, November 8, 2007

What can I give to my country?

Beberapa minggu lalu, anak2 99 pada rame "diskusiin" topik ini di milis. Awalnya sih ngomongin pemilihan ketua IA ITB. Ga tau gimana, akhir2nya ngebahas tentang negara kita Indonesia tercinta. Terus, muncul deh pertanyaan, "Apa yang bisa lo kasih ke negara kita?" itu. Walaahh.. rame banget deh mereka berdiskusi. Ada yang nulis panjang, ada yang pendek. Ada yang pendapatnya realistis, ada yang nggak. Ada yang berisi, ada yang garing. Macem2 lah..

Gw sih ga ikutan "diskusi" itu. Abisan gw ngerasa serba salah gitu. Mo ikutan ngomong, tapi gw-nya udah lama ga di Indo. Ntarnya gw malah dicerca lagi gara2 dianggep ngoceh doang padahal ga tau keadaan di sana sekarang gimana. Padahal gw tau sih keadaan Indo. Walopun ga di sana, gw tetep baca koran kok buat memantau perkembangan keadaan di sana. Tapi karena gw ga di Indo, akhirnya kan gw ga bisa bener2 ngerasain dampak apa aja yang dirasain rakyat Indonesia akibat berantakannya negara.

Ya udah deh, gw ga ikutan nanggepin. Bodo deh. Mo dibilang babi banget dan ga peduli negara juga gpp.

Cuma, di sini gw mo bilang satu hal. Buat gw, ngerubah negara itu ga gampang. Emang bukan berarti ga bisa ya. Tapi terus terang aja, klo gw pribadi disuruh membuat langkah besar dan ngubah negara kita tercinta, jawaban gw ya nggak bisa. So, gw setuju sama salah satu pendapat temen gw. Untuk ngubah negara, untuk ngebangun negara, dan untuk nunjukin sayang sama negara kita, ga perlu ngerjain sesuatu yang gede2an. Bisa dimulai dari diri sendiri kok. Menurut gw, dengan gw ngerjain semua kewajiban gw dengan baek dan bener sesuai hukum yang berlaku, ga korupsi, ga curang, dan ga mikirin duit terus sampe2 ngerugiin negara, gw udah ngasih sesuatu buat negara gw. Furthermore, gw belajar dan kerja di sini, ntar kan ujungnya buat dipake di Indo. Uang sih cuma bonus.

Coba deh pikir, if every single person in our country tries to be a good person, does what she/he should do, and doesn't break the law, our country will be ok, right?

No comments:

Post a Comment