some people say this color does not suit me ...
but I find this color beautiful, I love this color..
it balances my world :)

Friday, November 30, 2007

Tugas akhir.. lagi??

Gw kadang bingung ngadepin diri gw sendiri. Waktu pertama kali gw ngadepin tugas akhir di S1, apalagi bagian defense-nya, gw udah janji ga mo ngerjain hal itu even cuma sekali lagi. Yang artinya, gw ga mau ngelanjutin sekolah lagi. Tapi emang dasarnya manusia kali yah, ga pernah puas. Yang ada, gw ngelanjutin sekolah S2 daaann.. ya itu.. harus ngadepin tugas akhir plus defense-nya. Ya ampuuunn.. gw saat itu mikir, "What are you thinking?" Tugas akhirnya sih gpp. Defense-nya itu looohhh. Bikin gw panik dan ga bisa tidur berhari2!! Belon lagi perasaan dikejer2 klo sampe ga lulus gimana. Untungnya, saat itu semuanya (lagi-lagi) berakhir menyenangkan. Tapi apa gw ngerasa cukup dan berhenti? Nggak dong sodara2.. gw lanjut lagi. Daann.. bulan Februari tahun depan gw udah mulai tugas akhir.. lagi! Oh my God! What have I done???

Gw jadinya bener2 terus bertanya2. Apa ada yang salah yah sama gw? Memang sih, program yang lagi gw jalanin saat ini cukup challenging dan menarik. Formatnya nggak kayak kuliah. Wajar juga, karena di negri ini semua program sekolah setelah master itu udah ga kayak sekolah. Status pengikut program2 ini juga udah bukan student tapi employee universitas. So kita punya hak dan kewajiban sama dengan employee beneran (baca: yang ga lagi pursue degree apa2). Kewajiban contohnya dateng ke kantor tiap hari kerja dan kerja 8 jam sehari. Kerja apa? Kebeneran klo di program gw, kerjaan kita mirip2 konsultan gitu dengan banyak industrial partner. Seperti kerjaan laen pada umumnya, kita juga dapet courses dan training. Tapi gitu deh, courses-nya matematik banget yang bikin muntah2 hehe. Senengnya, gw bisa tau kapan dan gimana make ilmu yang udah gw dapet selama sekolah pada masalah2 yang nyata. Ok. Sekarang beralih ke masalah hak. Hehe.. ini bagian menyenangkan karena hak kita adalah dapet gaji, dapet uang liburan, dapet sepeda, dan dapet jatah liburan! Enak kan? Makanya.. I was tempted to take this program. And this makes me have to face that stupid final project along with the defense!!

Wajar aja sih harus ada final project. Walopun employee, teuteup wae kita teh lagi pursue degree. Jadi teuteup perlu suatu method to quantify our skills at the end. Format tugas akhirnya mirip2 aja sama yang dulu2. Buat gw beda, karena gw ga pernah final project di company. Sedangkan yang sekarang memang wajib untuk dikerjain di company. Gw bakalan mulai awal February 2008 dan kerja selama 8 bulan. Beruntungnya, gw dapetin project yang menarik banget. Sesuai banget sama background gw :)

Jadi, walopun gw ngerasa final project? not again! kind of feeling, mungkin ga separah itu yah kali ini? Mungkin banyak yang bakal gw dapetin selama waktu 8 bulan itu. Mungkin gw jadi tau gimana rasanya kerja di company. Mungkin gw jadi pede buat kerja dan ngeaplikasiin ilmu gw. Mungkin kan?

No comments:

Post a Comment