some people say this color does not suit me ...
but I find this color beautiful, I love this color..
it balances my world :)

Wednesday, November 26, 2008

Ayo semangat!

Sebenernya, sejak pulang terakhir kali ke Indo, gw teh punya ganjelan di hati gw. Seperti biasa deh, klo harus dengan keluarga dan orang-orang terdekat, gw pasti aja nangis-nangis ga jelas. Gitu juga terakhir pulang kemaren, gw nangis mlulu di pesawat. Pas udah nyampe Belanda, masih aja kerasa sedihnya. Nangis-nangis dikit lah beberapa hari. Tapi, biasanya sedih-sedihnya ga lama-lama. Seminggu dua minggu setelah balik, gw biasanya udah enjoy lagi hidup di sini. Sibuk lagi sama kerjaan (yang ga sibuk-sibuk amat itu hehehe).

Herannya, kali ini ga gitu kejadiannya. Sampe sekarang, setelah 11 bulan, gw teuteup aja sedih. Rasanya udah mulai bosen tinggal di sini dan pengen pulang aja ke Indo. Masalahnya adalah, gw ga yakin itu keputusan tepat buat pulang ke Indo sekarang. Bukan apa-apa sih, sejelek-jeleknya, teuteup aja kok Indo adalah tempat tinggal yang paling nyenengin banget buat gw. Kadang gw sampe pengen tutup mata aja dan pulang ke Indo. Apalagi keluarga dan temen-temen juga di sana. Tapi, di Indo gw ga bisa ngarep bisa nabung sebanyak sekarang. Mungkin juga ga bisa dapet kerjaan yang emang sesuai sama background gw, kayak kerjaan yang gw punya di sini. Apalagi, pengalaman kerja gw ga banyak. Ngarepin dapet kerja apaan coba di Indo sebagai junior yang kebanyakan sekolah?

Sementara itu, Ichsan dan gw udah nikah. Tinggal di rumah ortu jelas aja bukan option buat kita. Option laen, ya ngontrak rumah. Tapi, klo bisa beli, ngapain juga ngontrak. Maksud gw, kan bisa tuh stay di sini beberapa lama lagi, ditahan-tahan dikit, sampe tabungan kita at least cukup buat bayar uang muka rumah. Mungkin ga gitu painful kan? Stay beberapa lama lagi juga nguntungin buat karir gw karena bisa punya tambahan pengalaman kerja, dan bisa belajar banyak. Bagus banget kan klo nanti ilmunya bisa gw bawa ke Indo.

Jadi untuk bisa menambah semangat tinggal di sini dulu (ga lama-lama lah, tambah dikit lagi aja), gw mo ngelist apa enaknya tinggal di sini dibanding di Indo:

  1. Punya kerjaan yang sesuai dengan keinginan dan educational background gw. Mungkin di Indo gw ga bisa dapetin ini.
  2. Punya pendapatan yang cukup. Ada dua hal yang nyenengin tentang statement. Pertama, dapet pendapatan yang sangat cukup ini bikin gw ngerasa semua usaha susah payah gw sekolah selama ini dihargai. Kedua, kita masih bisa hidup yang lumayan nyaman di sini, tapi juga bisa nabung banyak. Inilah saatnya kita mengeruk harta dari negara penjajah hahaha…
  3. Public transportation ok! Di sini gw ga mesti punya mobil pribadi untuk alasan kenyamanan dan keamanan karena public transportationnya ok. Telat-telat dikit (emang NS sialan!) ga gitu masalah buat gw. Sekarang tempat kerja gw 1 jam dari rumah, dan gw biasa naek kereta api + bis dengan teuteup berasa secure.
  4. Asuransi kesehatan yang bisa diandelin. Memang bayarnya mahal tiap bulan, tapi kita beneran ga worry sama sekali klo sampe sakit. Semua pengeluaran bakalan dicover tanpa banyak trick aneh-aneh. Asuransinya juga valid buat semua rumah sakit, dan tentunya rumah sakitnya emang beneran bagus.
  5. Bisa jalan-jalan! Dengan pendapatan yang lumayan dan juga fakta bahwa negara-negara di sini empet-empetan sehingga biaya liburan masih terjangkau, kita bisa jalan-jalan lumayan frequently tanpa harus menguras tabungan. So orientasi masa depan teuteup lancar, selancar acara jalan-jalan kita.
  6. Ga banyak aturan dan standar. Di sini orang ga peduli orang laen mo ngapain. Orang juga ngehargain privasi orang laen. Ga ada standar bahwa misalnya orang yang udah nikah mesti dandan selayaknya orang yang udah nikah. Atau istri harusnya ngurusin semua kebutuhan suami. Atau klo udah nikah ga boleh dugem atau hang out sampe pagi unless mo dibilang orang ga bener. Atau juga klo udah nikah mesti immediately punya anak. Strange things like that lah. Mungkin ini ga applicable buat hidup dan lingkungan semua orang, but at least ini yang gw rasain pas gw hidup di Indo dulu.
  7. Gw jadi orang yang beda. Dan gw seneng karena gw berubah; gw ga pengen kembali jadi gw yang dulu. Gw sadar banget klo semua perubahan gw ini ada karena gw tinggal di sini.
  8. Di sini teratur, nyaman, tentram, damai, dan (relatif) bersih.

Tentu aja sebenernya banyak juga ga enaknya tinggal di sini. Tapi.. seperti yang udah gw bilang, biar tetep semangat menumpuk tabungan dan mencari pengalaman untuk beberapa waktu, kita bahas buluk-buluknya Belanda laen kali yah..

No comments:

Post a Comment