some people say this color does not suit me ...
but I find this color beautiful, I love this color..
it balances my world :)

Thursday, November 20, 2008

Apalah arti sebuah nama (samaran)

Ntah kenapa, tadi malem pas udah mo bobo, gw tiba-tiba inget sama kelakuan anak-anak Indo di kantor lama dulu. Mungkin gw udah pernah cerita klo di kantor lama gw banyak anak Indo. Sebagian besar udah kenal sejak kita masih kul di ITB dulu. Jadi aja teuteup ngumpul-ngumpul gila kayak dulu.

Salah satu kelakuan kita adalah ngasih nama samaran ke anak-anak kantor. Awalnya sih cuma karena kita ga enak aja pas kebeneran ngobrol pake bahasa Indo dan nyebut nama orang dan didenger sama orang laen yang ga ngerti bahasa Indo. Walopun kita ga lagi nyela, tapi kan namanya juga mereka ga ngerti bahasa kita, nanti disangka nyela orang yang bersangkutan. Jadinya, mulailah kita punya nama samaran buat orang-orang di kantor. Ampir semua orang sih punya nama samaran. Nama samarannya macem-macem. Nama yang kita kasih umumnya sesuai sama appearance si orang; misalnya yang terkenal pinter dinamain Ibu Pinter. Walopun akhirnya nama-nama yang kita pake beneran tolol dan lebih banyak kita kasih buat orang-orang berkelakuan aneh, dan akhirnya jadi rajin dicela.

Contohnya adalah CTB. Ini nama samaran yang kita kasih ke seorang cewek berasal dari negara yang identik sama orang-orang pinter. At least, hampir semua orang yang dateng dr negara ini, yang pernah gw temuin, pada cerdas banget. Tapi.. ternyata si ibu satu ini teh ga bisa dibilang cerdas. Ga masalah sih klo dia hanya ga cerdas. TAPI attitudenya minta ampun deehhh. Ga bitchy, cuma keras kepala ga jelas dan cara pikirnya aneh. Terus juga suka betean dan ngambekan ga tau tempat. Ketemu polisi malem-malem dimintain ID tapi kok malah ngambek. Aneh. Anyway, dia punya satu kelebihan yaitu CANTIK. Oleh sebab itulah dia dapet nama CTB, cantik tapi bego.

Ada lagi seorang cowok yang kayak ga mandi 2 tahun. Atau curiganya emang dia ga mandi 2 tahun. Rambutnya gede banget daaaaaaannn penuh KETOMBE!! Ampuuunn.. sampe brewoknya aja penuh ketombe. Sampe klo dia gerakin kepalanya dikit ato garuk2 brewoknya, itu ketombe langsung bertaburan. Makanya gw ga pernah mau makan siang deketan sama orang ini. Selaen gw udah keburu parno mikirin bau badannya, juga karena gw ga mo extra topping di makanan gw. Haha! Nah si bapak ini kita kasih nama, tak lain dan tak bukan, si KETOMBE.

Pernah juga gw bahas di blog ini tentang seorang cowok di kantor gw yang kita panggil Kaki. Sebenernya dia ini ga “salah” amat sih. Baek orangnya. Rada pasif klo lg kerja, but gw ga gitu peduli karena dia ga pernah kerja sama gw. Si Faisal yang pernah kena imbasnya..haha.. Anyway.. seorang temen Indo kita bilang bahwa tampang si cowok ini mirip sama dukun di film Happy Feet. Nah, mulailah kita memanggil dia dengan nama Happy Feet. Tapi.. kan orangnya bakalan sadar tuh kita namain dia, abisan pake bahasa Inggris. So, kita terjemahin aja namanya ke bahasa Indo, menjadi Kaki Gembira. Karena namanya panjang, dapetlah dia nama panggilan sayang yaitu Kaki.

Pastinya ada juga sih orang-orang yang dapet nama standar aja. Kayak Ibu Pinter yang gw sebut di atas. Ada juga pasangan di kantor yang dua-duanya badannya gede banget. Jadi kita panggil mereka Ibu dan Bapak Gede. Atau ada juga seorang cowok yang brewoknya beneran lebet dan berwarna merah kecoklatan. Jadilah dia mendapatkan nama Singa. Ada cowok berasal dari negara bernama mirip dengan kata “lapar” dalam bahasa Inggris. Kebeneran, lately kerjaan dia makan mlulu. Beneran bisa berkali-kali dalem sehari. Jadilah dia dinamakan si Lapar. Ga ketinggalan, bos kita juga punya nama samaran. Karena dia brewokan (banyak bener yah yang brewokan di kantor gw??) tapi ga bikin dia mirip singa, akhirnya dia kita panggil Brewok aja. Atau salah seorang ibu supervisor yang sering ngedip-ngedip matanya dan kita panggil Budip alias Ibu Kedip. Ada juga mantan coach yang badannya tinggi gede (ibu-ibu tapi tingginya 190cm lebih!) dan gendut. Karena nih ibu satu bikin kasus memalukan banyak bener, jadilah kita maen fisik sama dia dan menamakannya Budut alias Ibu Gendut haha.

Tapi yang paling ancur adalah seorang cewek baru di kantor. Yah.. emang sih dia udah bikin namanya jelek sejak di workshop bagian dari recruitment procedure. Memalukan banget lah si ibu satu ini. Awalnya dia dipanggil Kampret, karena emang nama aslinya mirip banget dengan nama samarannya ini. Selama di workshop itu, mulai keliatan juga bahwa ni cewek suka flirting-flirting geuleuh gitu ke cowok-cowok. Padahal mah tampang dan dandanannya ga mencerminkan kelakuannya sama sekali. Apalagi dia teh punya tunangan yang lagi PhD di uni kita. Di akhir workshop, dia dapet kabar bahwa dia keterima (teuteup kita semua ga ngerti kenapa Brewok nerima dia!). Seneng lah ya pastinya. Ternyata kalo hatinya lagi seneng, dia jadi lebih gatel lagi dan flirting dengan lebih giat. Tapi saat itu, gw masih ga tempted buat ngeganti nama samaran dia.

Sampai akhirnya, mulailah dia kerja di kantor bulan September lalu. Sayangnya, dia langsung bikin urusan sama gw! Kan gini, di September itu gw banyakan ngantor di Delft dan seminggu sekali atau dua kali gw ngantor di uni. Si Faisal dah bilang bahwa Kampret udah mulai kerja dan dia duduk di meja gw. Hueh? Udah tau itu meja ada orang yang punya, ngapain juga dia duduk di situ?? Ternyata dia teh kesepian di cubical dia dan pengen deket-deket sama si Singa. Catet yah: saat itu dia dah kawin sama tunangannya! Tapi gw bilang ke Faisal gpp dia duduk situ, asal dia pindah klo gw kebeneran kerja di uni. Sayang disayang, pas gw dateng ke kantor uni, gw ngedapetin meja gw berantakan, banyak sampah, dan juga penuh barang si Kampret ini. Eeehh si goblok! Mikir apa dia mess up sama gw?! Kesel banget gw dan gw taro barang-barang dia di samping kotak sampah!

Sejak saat itu lah dia dapet nama baru: si Perek! Hahaha.. Lucunya si Nanda masih nanya, “Eh, dia kan dah punya suami. Masak jadi perek sih?” Faisal dan gw segera ngejawab, “Ya itu! Di rumah jadi ibu rumah tangga. Di kantor merek dia!” Hahahaha…

I really miss that office!

2 comments:

  1. hhahaha ....
    miss you too mba chika :))
    gw menjadi orang asing niy tiap kali gw ke kampus :( mana meja gw udah dipindahin lagi T_T
    well ... office time is no longer fun without orang2 gila kaya elo hahaha ...

    ReplyDelete
  2. I miss that too, tapi g klaim copyright .... ctb itu kreasi g woy ... huahahahahahahahahaha ....

    konk

    ReplyDelete