some people say this color does not suit me ...
but I find this color beautiful, I love this color..
it balances my world :)

Friday, August 8, 2008

Between love, dedication, trust, and logic

Seperti biasa, 2 hari lalu gw pulang dari Delft naek kereta. Waktu gw duduk, ternyata ibu2 yang duduk di sebelah gw adaah orang Indonesia. Mulailah kita mengobrol. Seperti yang udah gw duga, si ibu mulai cerita tentang hidupnya. Gw sih ga mungkin nyeritain sesuatu yang personal sama orang yang kebeneran duduk bareng gw di kereta. Tapi bisa dimengerti kenapa ibu ini cerita2. Dia kesepian. Ga ada temen ngomong ntah udah berapa lama. Hidup sendirian karena udah pisah sama suaminya, dan juga anaknya udah besar, nikah, dan tinggal bareng suaminya.

Dia mulai cerita bahwa dia udah 16 tahun tinggal di Belanda. Ga mo pulang ke Indo, karena juga ga punya siapa2 lagi di sana. Sodara ga banyak, temen juga ga banyak. Memang sih dia juga sendirian di sini, but at least ada pemerintah yang kasih allowance buat dia hidup sehari2. Di negara dia sendiri, ga mungkin kan ngarepin yang begituan? Dulu dia punya suami di Indo. Tapi beliau meninggal saat baru aja nikah 2 tahun. Sedihnya.. Dan saat itu mereka udah punya anak. Beberapa tahun sendirian, akhirnya kenalanlah dia sama seorang cowok Belanda. Baek banget. Gentle banget. Dan she fell for him. Mereka nikah, dan pindah ke Belanda, tentunya juga bareng anaknya dari suami pertama. Because of love, she trusted him and moved to this country. Left everything behind. Sampe di Belanda, si suami dengan 'baeknya' ga ngebolehin dia kerja. Toh, semua kebutuhan udah terpenuhi. And again, because of love, dedication, and trust, she stayed at home. Took care of her family. Being a housewive. After a while, it turned out that her husband was a bastard. They got divorced. The husband left her without nothing. Dan bisa ditebak, si ibu yang ga punya educational background, harus kerja kasar buat ngidupin keluarganya. Lebih parah lagi, diperlakukan dengan ga adil oleh bosnya. Dan malahan dipecat karena minta keadilan. Yes! This also happens in this country! You can be cheated if you are not smart enough! Akhirnya sekarang, si ibu nganggur, hidup dengan allowance pemerintah (yang untungnya masih dikasih allowance) yang ga seberapa, dan sendirian. So sad..

Gw ga mo menyinggung pihak manapun. Gw cuma ngajak temen2, terutama kaum cewek buat berpikir. Kita semua tau kasus kayak gini banyak banget. Mungkin juga udah menimpa suadara, ato temen deket kita sendiri. Jangan liat deh kasus di atas terjadi karena si suami bule. Because, kita tau ini terjadi di negara kita, ga pandang bulu suaminya orang apa.

Pertanyaannya, kenapa ini bisa terjadi? Kenapa banyak cewek percaya sepenuhnya sama pasangan sampe mau tinggal di rumah tanpa pekerjaan? Kenapa banyak cewek consider cinta dan dedikasi above all? Kenapa banyak cewek ga sedikit aja berlogika biar mereka prepare in case something happens?

Emang banyak cewek yang bernasib baek banget sehingga dapet suami yang juga baek dan sayang banget sama mereka. Sehingga si cewek bisa bergantung sama suaminya. But don't forget that something still can happen. What if the husband passed away? Kemana lagi keluarga bisa bergantung, secara finansial aja deh gampangnya. Kemana lagi anak2 bergantung? Dan yang juga harus dipikirin, kemana diri kita, cewek2, bergantung?

Hmm.. di kasus nasib baek aja sesuatu yang buruk bisa terjadi. Ga perlu dijelasin kan gimana klo nasib kita buruk dan dapet suami bastard?

Jangan salah yah. Gw ga nganggep jadi housewive itu buruk. Buat gw being a housewive itu mulia sekali. Bukan sesuatu yang mudah untuk dijalanin. Gw menghargai banget saat cewek berdedikasi buat stay di rumah dan ngurusin keluarga. Tapi.. ada baeknya cewek2 berlogika sedikit saat mengambil keputusan tentang hidup mereka. Ada baeknya cewek2 be prepared in advance if something happens. Ya tentu aja ga cuma be mentally prepared, tapi juga be prepared dengan sesuatu yang konkret. Misalnya, dengan bekerja sekalian support keuangan keluarga, atau sekedar buka usaha kecil2an, atau juga bikin plan keuangan yang baek untuk hidup ke depan, misalnya dengan nabung, hidup berasuransi, dan investasi.

Satu lagi yang menurut gw mesti diinget. Kita memang bisa bergantung sama orang laen. Tapi above all, kita juga harus bisa bergantung ke diri kita sendiri, dan nentuin hidup kita sendiri.




No comments:

Post a Comment